Dunia IT - Komputer Engineer

Komputer Engineer


Komputer engineer terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya :

1. IT Support
2. Komputer Service
3. IT Helpdesk

1. IT Support

IT Support ini adalah pekerjaan/bagian dari komputer engineer yang bertugas seperti "Superman" alias segala bisa. namun kata superman tersebut tergantung juga dari perusahaan dimana dia bekerja. apabila IT Support pada perusahaan bonafit maka hanya akan mengurus perihal komputer user saja (terkadang mengurus network dan voice area enduser juga). namun apabila perusahaan tersebut kurang bonafit maka guna IT Support akan dimaksimalkan dimulai dari pekerjaan system administrator sampai ke IT helpdesk. dan ini cocok untuk para fresh gratuated guna untuk mencari pengalaman.

2. Komputer Service

Tidak hanya memperbaiki komputer namun makna service disini adalah melayani atau membuat sebuah kerangka komputer/design layout suatu komputer. namun biasanya di Indonesia komputer service berada dalam tahap vendor seperti HP,DELL, dan sebagainya. mereka akan mendatangi kantor user untuk memperbaiki keluhan user pada laptopnya. misal re-imaging windows, terkena virus, hardisk tidak terbaca, data hilang dan lainnya. pekerjaan ini ibarat dokternya komputer. mereka sangat dihargai user namun jika terjadi kesahalah misalnya "data hilang" mereka akan terkena makian yang sangat menusuk hati. namun jangan khawatir karena setiap vendor mempunyai SOP sendiri sehingga tidak akan keluar jalur karena telah memiliki sturktur cara kerjanya masing-masing.

3. IT Helpdesk

Kedengarannya aneh karena hanya duduk dan mengangkat telepon. namun siapa sangka pekerjaan ini memiliki gaji yang besar. beberapa vendor akan bekerja sama dengan perusahaan bonafit guna untuk menunjang sistem IT di perusahaanya. IT Helpdesk juga memiliki beberapa sertifikasi seperti Microsoft Certified IT Professional, E-Council,ITIL, dan sebagainya. pekerjaanya sebatas memperbaiki desktop laptop user. perlu analisa kuat untuk menjadi IT Helpdesk proffesional. namun jangan khawatir biasanya IT helpesk memiliki SOP/Kamus IT sendiri seperti website ITSP (IT Service Portal) yang isinya cara perbaikan dari para IT Helpdesk dunia. 

Comments

Popular posts from this blog

Dunia IT - Network Engineer

Dunia IT