Dunia IT

Dunia IT (Informasi Teknologi)





Apa itu dunia IT ? 

Dunia IT adalah semua hal baik ilmu pelajaran ataupun pekerjaan dalam bidang IT. Meksipun matakuliah IT terlihat banyak, namun dalam kesempatan ini madesatekno akan membagi menjadi 4 bagian dasar spesialis dunia IT pada kehidupan nyata, diantaranya :
  1. Network Engineer
  2. Software Engineer
  3. Komputer Engineer
  4. Mutlimedia/Design Engineer
ketiga inilah dasar spesialis yang akhirnya dapat berkembang menjadi beberapa pekerjaan di dunia IT. Contohnya seperti site manager, IT Support, Drive Test, Web programmer, dan lain-lain.

Pekerjaan Mana Yang Sulit Untuk Dipelajari ?

Dari ketiga spesialist dasar diatas sebetulnya setiap jenis pekerjaan memiliki tingkat kemudahan dan kesulitan masing-masing dan juga tidak semua orang dapat menguasai ke-4 spesialist dasar tersebut. sebagai contoh seperti berikut :
  1. Anak network enginner mampu melaksanakan pekerjaannya dibidang networking namun belum tentu dia bisa membuat software berbasis website maupun android begitu juga halnya dengan perbaikan atau error komputer.
  2. Anak software engineer mampu melaksanakan pekerjaanya dibidang software seperti pembuatan software berbagai macam bahasa namun belum tentu dapat memperbaiki jaringan dan komputer jika terjadi error.
  3. Anak komputer engineer mampu memperbaiki komputer baik hardware maupun software namun tidak bisa membaca secara detail jika terjadi error dalam aplikasi (pengecekan dari codding) ataupun ketika terjadi jaringan error.
  4. Anak multimedia sudah jelas jago dalam masalah edit video/edit foto dan pembuatan design website namun tidak bisa membuat aplikasi didalam website dan juga tidak dapat memperbaiki komputer dan network secara deail.

Darimana Kita Dapat Mempelajari Dunia IT ?

Kita dapat mempelajari materi dari 3 spesialis dalam dunia IT tersebut melalui :
  1. Sekolah/Kuliah
  2. Seminar
  3. Grup facebook/telegram/forum website
  4. Bootcamp
  5. Kerja Sambil Belajar
Dan saran saya jika kalian masih duduk di bangku SMK/SMA. sedini mungkin ikutlah komunitas dari salah satu spesialis dunia IT diatas. sehingga ketika kalian kelas akhir (kelas 3 atau 4) maka kalian sudah punya channel dan tujuan pashion kerja kalian tertata.

Untuk Gaji di Dunia IT Lebih Besar Spesialist Yang Mana ?


Dari ketiga spesialist itu gaji bersifat dinamis karena tergantung bagaimana jenis perusahaan dia bekerja serta seberapa bagus takdir hidup dia.
Karena sejatinya pekerjaan yang disukai lebih menarik daripada gajinya besar.
misalnya ada seorang IT Helpdesk kerja di perusahaan besar dengan gaji tinggi namun pekerjaanya itu membuat diri dia tidak berkembang dan membosankan. berbeda dengan Radio Engineer/BTS meskipun gajinya berbeda 30% dengan IT Helpdesk tersebut namun dia nyaman karena kerja tim dan jalan-jalan keliling Indonesia. terkadang juga IT helpdesk gajinya lebih besar dari Project Manager karena itu semua tergantung perusahaanya dan takdir orang tersebut. dan juga untuk dunia IT multimedia engineer meskipun kerjanya untuk satu kantor namun mereka dapat mencari kerja sampingan sendiri dengan berjualan karya secara online dan juga membuat perusahaan sendiri yang clientnya dari luar negeri. So jalani saja dunia IT sesuai passionmu.



Comments

Popular posts from this blog

Dunia IT - Network Engineer

Dunia IT - Komputer Engineer