Dunia IT - Network Engineer


Network Engineer


Dalam dunia infrastruktur terdapat 3 bagian diantaranya :

1. CE (Cable Engineering)
2. NE (Network Engineering)
3. SE (System Engineering)

ketiga bagian ini ibarat satu tubuh yang saling membutuhkan.
contohnya NE membutuhkan CE untuk perapihan cable dan pemasangan cable.
dan SE membutuhkan NE dan CE untuk melakukan pekerjaan dia.

berikut beberapa pekerjaan di dunia network engineer/infrastruktur.

1. System Administrator
  
Dalam pekerjaan system administrator, biasanya pekerjaan ini mencakup operasi tentang file sharing, virtualisasi server, web hosting, maintenance server, monitoring device, dan juga memainkan layer 3 networking yakni routing.

2. Network Administrator

Sebetulnya network administrator bisa disebut juga system administrator karena pekerjaanya hampir sama. dan itu semua tergantung perusahaanya, jika perusahaan bonafit maka network administrator dan system administrator akan dipisah. network administrator akan fokus menangani masalah jaringan dalam perusahaan tersebut.

3. Radio Sub System Engineer

Biasanya pekerjaan ini menangani dunia telekomunikasi seperti Telkomsel, Smartfren,XL dan lainnya. biasanya yang mengerjakan pekerjaan ini bagian vendor dengan cara installasi radio/antena dari modul ke antena. terdapat configurasi sesuai platform modul seperti nokia, huawei, dan sebagainya.
dalam satu tim terdiri dari leader dan teknisi. biasanya teknisi yang memasang antena dan fiber/feeder di atas tower. dan leader tim mengobrol dengan tim lainnya seperti ormas/provider pengawas.

4. Network Sub System Engineer

Dalam pekerjaan ini hampir sama dengan RSS engineer. pekerjaanya jalan-jalan se-Indonesia untuk menghubungkan jaringan provider antar site. namun yang dikerjakan bukan pada bagian radio jadi tidak perlu naik tower. dalam pekerjaan ini engineer hanya perlu mengunggu tim RSS selesai dan me-mounting dan mengkonfigurasi perangkat untuk mengintegrasikan antar site via Fiber optic.

5. Drive-test Engineer

Dalam pekerjaan ini biasanya mereka selalu berada di dalam mobil. Mereka akan berkeliling zona pemancar radio guna untuk merekap data seberapa jauh gelombang yang dapat ditransmisikan dari antena sektoral.

6. Network Security Engineer

Network security engineer ini adalah network engineer yang telah memahami jaringan dasar. meskipun network engineer dapat juga membuat konfigurasi security namun mereka tidak dapat sedetail network security engineer dalam hal analisa dan planning.

7. Voice Engineer

Voice engineer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan voice. biasanya mereka mengerjakan implementasi dan operasional telepon pada sebuah perusahaan. mereka akan melakukan pekerjaan dari PABX, SLA, sampai end user telepon.

8. Network Operation Center

Dalam pekerjaan ini mereka bertugas melayani keluhan user baik area manager, end user, dan pelanggan. mereka bertugas untuk menjaga stabilitas layanan yang mereka punya. apabila terjadi problem dari keluhan user maka NoC akan segera membuat ticket dan melempar tugas kepada teknisi. biasanya NoC bekerja secara shift siang dan malam.
      
9. CE/Integrator Engineer

Dalam pekerjaan ini ada beberapa sertifikasinya dan harus sangat memahami kabel baik dari cripmping sampai installasi sesuai standart internasional. dalam dunia telekomunikasi ada yang disebut penghubung site menggunakan fiber optik. biasanya dari vendor moratelindo. mereka bekerja tergantung case terkadang bisa juga malam dan bisa juga siang. tujuannya untuk mengintegrasikan port optik antar OTB per site. sama halnya dengan CE implementasi di rak server mereka harus memahami jenis kabel mulai dari LAN,FO, sampai sisem LSA telepon.

10. Project Manager

Project manager adalah seorang network engineer yang sudah berpengalaman dan melakukan sertifikasi PM seharga 6jt. dengan sertifikasi tersebut mereka akan mudah menjadi project manager. project manager bertugas untuk membuat topology(diskusi dengan NE), mencari barang (diskusi dengan sales), mengawasi pengerjaan implementasi, sampai BAST project dan maintenance.

11. Area Manager

Dalam hal ini biasanya mereka bertugas menjaga areanya agar normal. Area manager biasanya dalam ruang lingkup pekerjaan telekomunikasi. mereka mengawasi vendor dari RSS dan NSS jika melakukan installasi dan juga AM ini melakukan troubleshot pada site masing-masing jika terjadi trouble meskipun itu dini hari.

Comments

Popular posts from this blog

Dunia IT

Dunia IT - Komputer Engineer